Galeri

Provinsi BMR Harga Mati. Pemkab Pemko se BMR siapkan Dana Hibah

Press Realease
No : 87/10/VI/2013

tampak Bupati Hi Salihi Mokodongan memberikan sambutan selamat datang kepada Pansus pemekaran serta seluruh pimpinan Kepala daerah serta undangan yang hadirTampak Kepala Daerah serta Ketua dan Pimpinan Pansus Pemekaran deprov Suluttampak salah satu warga berdialog dengan Pansus pembentukan daerah otonom Baru Deprov Sulut.Lolak, 10 Juni 2013. Acara tatap muka pemerintah dan masyarakat se Bolaang Mongondow Raya bersama Panitia Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow raya bertempat di kantor Bupati Bolaang Mongondow senin (10/6) memperoleh beberapa kesepakatan nyata dalam mendukung Pembentukan daerah otonom Baru di wilayah Bolmong Raya. Dalam upaya ini 5 Daerah Kabupaten Kota sepakat untuk menghibahkan dana 2,5 milyar selama 2 tahun berturut turut bagi roda pemerintahan provinsi Bolmong Raya jika cita cita ini terwujud. Dimana jika tidak ada aral melintang anggaran tersebut akan dibahas dalam APBD Perubahan Tahun 2013 ini. Meski demikian panitia Khusus pemekaran PBMR dan Provinsi Nusa Utara serta 8 Deprov Sulut yang diketuai Hi Soenardi Sumantha meminta agar seluruh berkas yang dibutuhkan bagi pemekaran PBMR agar dapat dipenuhi seluruh Bupati dan Walikota, DPRD di masing masing daerah serta panitia pemekaran PBMR dan Bolmong tengah dalam waktu dekat.

Bupati Hi Salihi Mokodongan melalui sambutan selamat datang, menyampaikan terimakasih kepada Ketua dan Anggota Pansus Pemekaran DPRD Provinsi Sulut yang telah mempercayakan Pemkab Bolmong menjadi tuan rumah penyelenggaran agenda penting ini terkait pembentukan PBMR dan Bolteng, sehingga berdampak pada percepatan pembentukan kedua daerah baru tersebut. Bupati mengajak kepada semua pihak di Bolmong raya untuk selalu menjaga persatuan, kebersamaan dan selalu berkomitmen untuk terus bekerja keras dan kerja tuntas dalam mewujudkan Provinsi Bolmong Raya dan Kabupaten Bolmong Tengah.
Sementara itu Ketua Pansus Pemekaran 2 Calon Provinsi dan 8 Kabupaten Kota se-Sulut Soenardi Soemantha menuturkan, pertemuan ini dijadwalkan dengan panitia pemekaran BMR Bolteng dan unsur pemerintah dalam rangka menuntaskan pengajuan usul daerah untuk dimekarkan. “Kami sudah membentuk pansus diantaranya ada 6 anggota deprov asal Bolmong disitu” ungkap Sumantha. Dinilai Sumantha hal ini adalah amanah sehingga Sumantha mengajak kepada semua pihak terkait untuk terus bekerja sama mencapai tujuan mulia ini. “Kami akan terus maju, kami sudah ketemu dengan Dirjen Otonomi Daerah Depdagri dan insya allah kami akan segera menuntaskan tugas ini hingga ke pusat nanti. Tolong berjuang dengan serius, dan yang paling siap adalah Provinsi bolmong raya” tegas Sumantha.
Adapun hasil yang disepakati dalam tatap muka yang di bacakan Sekretaris Pansus pemekaran Deprov Sulut Idrus Mokodompit yakni :
1. Agar panitia pemekaran Provinsi BMR dan kabupaten Bolteng segera membentuk tim kecil untuk mempersiapkan hal yang berkaitan dengan pemberkasan pembentukan PBMR dan Bolteng yang akan diajukan
2. Sebelum paripurna penetapan Perda tentang persetujuan pemekaran, kiranya DPRD Kab Kota se Bolmong raya telah mengeluarkan keputusan Dana Hibah bagi calon provinsi BMR selama 2 tahun berturut turut sebesar 2,5 milyar setiap tahunnya.
3. Untuk Pembentukan Bolmong tengah, Bupati Bolmong dan DPRD Bolmong diharapkan untuk secepatnya membuat Surat Keputusan mengenai dana hibah yang akan di serahkan kepada calon kabupaten Bolmong tengah.
4. Pansus deprov akan segera menemui Gubernur Sulut DR S H Sarundajang untuk membicarakan jadwal pertemuan antara Gubernur dengan seluruh Bupati serta Walikota se BMR termasuk pansus dan panitia pemekaran Provinsi BMR dan Kabupaten Bolteng.
5. Sidang paripurna penetapan Perda pemekaran nantinya diharapkan agar seluruh Bupati dan walikota se BMR diminta hadir dalam paripurna tersebut.
6. Kesiapan Bupati dan Walikota se BMR untuk mendampingi bertemu dengan pimpinan DPD RI, Komisi II DPR RI dan KEMENDAGRI untuk mengkonsultasikan pemekaran PBMR dan Kabupaten Bolmong Tengah.

Hadir dalam agenda penting tersebut Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan, Bupati Bolmong Selatan Hi Herson Mayulu SIP, Bupati Bolmong Timur Sehan Salim Landjar, Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk STh, Bupati Bolmong Utara yang diwakili sekdakab Bolmut Ricky Posumah, Walikota yang di wakili Kadis PU Sande Dondo,
Sementara Pansus Pemekaran dari Deprov Sulut yakni Ketua Pansus Hi Soenardhi Soemantha, Sekretaris pansus Hi Idrus Mokodompit, anggota Benny Ramdhani, Hj Hj Rosmawati Nasaru, veronica pontoh. Sementara anggota pansus lainnya masih memenuhi tugas diluar daerah.
Selain itu juga turut hadir Ketua DPRD Bolmong Hi Abdul Kadir Mangkat bersama sejumlah anggota DPRD, Ketua DPRD Bolmong Utara Karel Bangko bersama wakil Ketua Cristophel Buhang. Sekdakab Bolmong Farid Asimin MAP, Sekdakab Bolsel Tahlis Galang, Ketua Presidium pemekaran PBMR Abdullah Mokoginta bersama jajaran panitia pemekaran, Kepala Bappeda Bolmut DR Asripan Nani, jajaran Asisten dan Kepala SKPD lingkup Pemkab Bolmong, Presidium pemekaran Bolmong tengah bersama panitia Pemekaran Bolteng, dan tokoh masyarakat se Bolmong Raya yang hadir.
Demikian Berita Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.
Kepala Bagian Humas

Sitti Rafiqah Bora, SE
Nip.19700903 199903 2 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s