Inspektorat Gelar Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Press Realease
No : 85/10/VI/2013 

sosialisasi SPIP Bolmong

Lolak, 4 Juni 2013. Dalam rangka memahami unsur sistem pengendalian Intern pemerintah (SPIP), yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian informasi komunikasi dan pemantauan pengendalian intern serta upaya untuk mengidentifikasi menyelenggarakan, menetapkan dan menilai unsur unsur SPIP di lingkungan SKPD lingkup Pemkab Bolmong, Pemerintah kantor Inspektorat Bolaang Mongondow dibawah kepemimpinan Drs Djafar Paputungan menggelar sosialisasi SPIP. Agenda ini digelar selasa (4/6) di RM Rahmadani Lolak, dan dibuka secara resmi oleh Bupati Hi Salihi Mokodongan serta dihadiri oleh Wakil Bupati Yanny R Tuuk STh dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut yang di wakili oleh Jhoni Hasundungan Ak MM.

Dalam sambutan yang disampaikan Kepala BPKP Sulut melalui Jhoni Hasundungan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Bolaang Mongondow yang sangat peduli atas pelaksanaan pengendalian intern pemerintah, sehingga agenda ini terlaksana dengan baik. Menurut Hasundungan, sosialisasi ini sangat penting untuk menegaskan kembali upaya pengendalian intern pemerintah yang dibutuhkan dalam rangka penyelenggaraan pengelolaan keuangan Negara, secara efektif efisien ekonomis dan terkendali agar bisa dipertanggung jawabkan dengan baik sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi Negara.
Sementara itu Bupati Hi Salihi Mokodongan dalam sambutan pemerintah menyampaikan agar kegiatan ini hendaknya diikuti dengan baik oleh peserta yang ada, sehingga apa yang menjadi tujuan dari SPIP dapat berjalan maksimal di lingkup Pemerintah Bolmong.
“Penerapan system pengendalian intern pemerintah diharapkan akan mendorong terciptanya reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai Amanat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional Tahun 2010 hingga 2014 mendatang” Ujar Bupati.
Bupati menuturkan, pelaksanaan penerapan SPIP ini sendiri telah dilakukan pemerintah Bolmong melalui rapat koordinasi “Senin Bebas Temuan” yang kontinyu dilakukan untuk membahas berbagai permasalahan terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah sekaligus mencari solusi pemecahan. Meski demikian Bupati berharap BPKP selaku Pembina penyelenggaraan SPIP senantiasa dapat memberikan pembinaan demi penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik di Kabupaten Bolaang Mongondow.
Perlu diketahui peserta sosialisasi berasal dari pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkab Bolaang Mongondow.
Demikian Berita Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.
Kepala Bagian Humas

Sitti Rafiqah Bora, SE
Nip.19700903 199903 2 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s