Galeri

PENGHASIL BIO TEKNOLOGI ETHANOL. POOPO MENUJU DESA MANDIRI ENERGI

Bio Ethanol dari Buah Aren pengganti minyak tanah yang dihasilkan warga desa Poopo kec. Passi Timur Bolmong turut di pamerkan dalam Pameran Pembangunan Kayuwatu manado Sulut (22 September 2012) Foto Humas Bolmong.

Press Realease
No : 345/10/X/2012

Lolak, 23 September 2012.

Upaya pemerintah dalam mencari Bahan Bakar Minyak alternatif  bagi masyarakat memberikan hikmah tersendiri kepada para petani aren di Desa Poopo Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. Melalui Bio Teknologi Ethanol yang memanfaatkan aren yang di fermentasi menjadi alcohol, para petani aren yang terdiri dari 24 warga poopo berhasil mengembangkan bio ethanol yang berfungsi sebagai pengganti BBM minyak tanah. Akibat semakin langkanya minyak tanah di tengah masyarakat. Hal ini juga yang membawa kelompok petani aren ini memberikan presentase cara pembuatan bio ethanol di depan civitas akademika UNSRAT Manado oktober mendatang. Meski demikian produksi bio ethanol ini masih kurang, akibat mesin Destilasi atau sulingan air nira yang di hasilkan dari buah aren mempunyai kapasitas terbatas dengan waktu penyulingan mencapai 5 hari.
Pendamping Bio Teknologi ethanol yang juga salah seorang petani aren desa poopo Audy Alma menuturkan keinginan kuat menjadikan desa poopo menjadi desa mandiri energy telah dimulai sejak april 2012 lalu. Dimana kelompok Usaha Kecil Menengah yang di dukung pemerintah Bolmong ini resmi memperkenalkan bio technology ethanol dalam menjawab keinginan pemerintah agar mampu menghasilkan BBM alternative.
Hal ini diungkapkan Alma saat memperkenalkan Bio ethanol di stand pameran dan promosi Bolmong Kayuwatu kemarin (22/09).
Sambil membuktikan dengan menyulut api dalam kompor yang di isi bio ethanol hasil petani aren, alma mengatakan fermentasi yang di lakukan selama 5 hari bisa menghasilkan kadar alcohol mencapai 80 sampai 90 %, yang kemudian dijadikan sebagai pengganti minyak tanah. Meski terlihat mudah, akan tetapi produksi bio ethanol ini masih terbatas. Olehnya alma berharap adanya campur tangan pemerintah untuk bisa memproduksi  lebih banyak lagi. Selain juga mewujudkan Poopo sebagai Desa Mandiri Energyj di Sulawesi Utara umumnya.
Sementara itu Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Bolmong Agusni Darwis S.Hut menuturkan, bio ethanol asal desa poopo ini diperkenalkan hingga ke papua yang juga daerah penghasil aren terbesar. Olehnya peluang ini telah diupayakan pemerintah Bolmong agar para petani aren ini memperoleh bantuan dari kementrian koperasi dan UKM. Sehingga bio ethanol yang di hasilkan petani aren poopo lebih banyak dan dapat dinikmati masyarakat sulut.
Demikian Berita Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.
Kepala Bagian Humas Setdakab Bol-Mong

Sitti Rafiqah Bora SE.
Nip : 19700903 199903 2 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s