Galeri

Bolmong Pilot Project Program Pengembangan Kota Hijau –P2KH Sulut

Press Realease
No : 359/10/VIII/2012
Lolak, 7 Agustus 2012
Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang secara tegas mengamanatkan bahwa 30% dari wilayah kota harus berwujud Ruang Terbuka Hijau (RTH), dengan komposisi 20% RTH publik dan 10% RTH privat (pribadi). Pengalokasian 30% RTH ini nantinya akan ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang RTRW Kota dan RTRW Kabupaten. Hal ini juga yang akan di terapkan di Lolak sebagai ibukota kabupaten Bolmong.
Akan halnya daerah kota yang lain, P2KH di Bolmong merupakan pilot project dari program yang sangat memperhatikan kehijauan kota ini di Sulawesi Utara. Dimana pada tahap awal akan di laksanakan di ibukota kabupaten Lolak, yang mempunyai ruang terbuka hijau yang cukup, untuk di kembangkan sebagai kota yang memenuhi standar 30 persen minimal ruang terbuka hijau.
Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistic –BP3MS Bolmong Ir Djakia Mokodongan MAP melalui Kepala Bidang Fisik dan Prasarana BP3MS Suhendra Hamin ST. ME, pihaknya telah menggelar rapat dengar pendapat tahap awal pembentukan p2KH yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, di lanjutkan dengan pemberian bantuan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian PU untuk penyusunan Detail Enginering Design atau Desain Teknis P2KH bagi Pemerintah Daerah Bolmong tahun  2013 mendatang.
“Kota hijau merupakan Kota yang mengutamakan keseimbangan ekosistem hayati dan lingkungan terbangun sehingga tercipta kenyamanan bagi penduduk kota yang tinggal didalamnya mapun para pengunjung kota”ungkap Suhendra.
Adapun prinsip P2KH yakni kemandirian dalam hal pendanaan program kota hijau, penambahan ruang terbuka hijau, serta pembentukan forum komunitas hijau atau green community bagi warga masyarakat perkotaan.
Demikian Berita Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Bagian Humas Setdakab Bol-Mong

Sitti Rafiqah Bora SE.
Nip : 19700903 199903 2 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s