Galeri

Silaturahmi Pemerintah Dengan Kalangan Pers, LSM Dan Mahasiswa

Press Release
No.292/10/V/2012

LOLAK 11 Mei 2012. Melihat situasi dan kondisi di Wilayah Dumoga Bersatu akhir akhir, ini maka dipandang perlu penanganan khusus terkait gangguan Stabilitas Keamanan serta adanya Bencana Alam yang kerap melanda di wilayah tersebut.
Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow menggagas Pertemuan yang bersifat Silaturahmi dengan jajaran Pers Biro Bolaang Mongondow, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta Mahasiswa.
Pertemuan ini merupakan titik awal sebagai cara untuk mencari solusi dalam mengatasi pertikaian yang kerap kali terjadi di wilayah Dumoga Bersatu .
Diharapkan dari hasil silaturahmi ini akan tertuang pokok-pokok pikiran positif yang lebih baik dari beberapa Elemen Stakeholder, demi terciptanya stabilitas di Bolaang Mongondow Raya .
Pertemuan yang berlangsung pada hari Jumat 11 Mei 2012 bertempat di RM . Putra Minang dihadiri oleh Wakil Bupati Bolaang Mongondow  Yanni R Tuuk Sth , Kaban Kesbang Linmas Dondo Mokoginta, SH, Danramil  Kotamobagu mewakili Dandim 1303 Kapten. Inf. Jemmy Rotti , Seluruh Wartawan Biro Bolmong, kalangan LSM , serta perwakilan Mahasiswa .

SOLUSI UNTUK STABILITAS KEAMANAN DI DUMOGA BERSATU
Wakil Bupati Bolaang Mongondow dalam penyampaiannya mengatakan  saat ini Pemerintah Daerah telah menyiagakan kurang lebih 400 personil gabungan dari TNI/POLRI yang saat ini telah berada di Wilayah Dumoga Bersatu, guna pelaksanaan operasi penertiban senjata tajam, minuman keras, serta razia knalpot racing, karena tiga  hal ini dipandang merupakan pemicu utama terjadinya serangkaian konflik horizontal antar warga di Wilayah Dumoga Bersatu . Keputusan ini diambil setelah melalui rapat antara Pemerintah Daerah dengan Aparat Desa serta BPD, telah diambil beberapa langkah-langkah strategis demi terciptanya Stabilitas keamanan dan ketertiban .  Melalui upaya penegakkan hukum dengan  melakukan penertiban  dalam bentuk sweping di wilayah Dumoga Bersatu . Walaupun operasi penertiban ini akan sedikit berbenturan dengan Hukum dan masyarakat, namun utamanya demi tercipta Stabilitas keamanan dan ketertiban akan tetap dilaksanakan baik melalui pendekatan persuasif, maupun secara paksa yang  dilaksanakan oleh pihak aparat gabungan TNI/POLRI.
Sementara itu dari pihak PERS, LSM, Tokmas serta perwakilan Mahasiswa pada umumnya sangat apresiatif terhadap langkah langkah yang telah ditempuh dan diupayakan oleh Pemerintah Daerah. Dalam kesempatan ini mereka menyampaikan beberapa usulan dan pendapat yang dapat dirangkum sebagai berikut :

  • Mendukung operasi penertiban keamanan .
  • Penanganan Dumoga Bersatu harus kompleks sesuai aturan yang berlaku
  • Supremasi hukum dilaksanakan tidak pandang bulu dalam menyeret  pelaku kriminal hingga ke ranah hukum.
  • Percepat pendirian Mako Brimob.
  • Aparat desa bersama warga harus lebih proaktif menjaga kamtibmas di wilayah masing masing.
  •  Aktifkan kembali komunikasi antar etnis, agama dan  golongan dalam Forum Komunikasi Dumoga Bersatu.
  • Laksanakan program pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan.
  • Pemekaran wilayah Dumoga Bersatu untuk mengatasi kesenjangan sosial.

Demikian berita Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.

KEPALA BAGIAN HUMAS

Hj. SITTI RAFIQAH BORA, SE
NIP. 19700903 199903 2 002

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s